You are currently viewing Mengenal Tentang Jurusan Data Science

Mengenal Tentang Jurusan Data Science

Materi kuliah data science mungkin jadi salah satu hal yang bikin penasaran bagi kamu yang tertarik untuk kuliah jurusan ilmu data ini. Jurusan ini memang menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang technology freak. Di kesempatan ini, mari kita mengenal lebih dalam tentang jurusan data science.

Sekilas Tentang Jurusan Data Science

Data science merupakan bidang studi yang mempelajari tentang bagaimana mengolah dan menginterpretasi data untuk menemukan pola-pola tersembunyi dari data tersebut. Hal ini dilakukan dengan menggunakan dasar ilmu statistika dan bahasa pemrograman, seperti Python, serta tools atau alat tertentu.

Saat masuk jurusan data science, terdapat berbagai disiplin keilmuan yang harus dipelajari, yaitu termasuk statistika, matematika, transformasi data, data wrangling, dan juga bahasa pemrograman sebagai dasarnya. Ilmu-ilmu lain yang mendukung adalah ilmu komunikasi, ekonomi, manajemen, dan sistem informasi.

Sehingga, lulusan jurusan data science tidak hanya mampu mengolah dan menginterpretasikan data, namun juga memecahkan masalah dan menemukan solusi dari hasil olahan data tersebut untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Materi Kuliah Data Science

Lalu, apa saja yang dipelajari di jurusan data science? Berikut adalah beberapa materi kuliah data science: pemrograman website, metode numerik, statistika dengan R, sistem kecerdasan bisnis, analisis big data, penambangan data, pola komputasi big data, teknologi big data dan cloud computing, dan masih banyak lainnya.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Data Science?

Seperti yang sudah dikatakan di awal, jurusan data science cocok bagi kamu yang sangat tertarik dengan teknologi dan data. Di era digital dan teknologi saat ini, semakin banyak perusahaan dan bisnis yang memberikan perhatian lebih terhadap data-data yang mereka miliki. Sehingga, profesi data scientist menjadi karir yang menjanjikan.

Jurusan data science berada di garis depan industri perangkat lunak karena perusahaan dan bisnis mulai menyadari pentingnya informasi. Perusahaan membutuhkan seorang data scientist untuk membantu memberikan saran dan masukan untuk meningkatkan kinerja bisnis. Karena alasan inilah, bidang data science membuka banyak sekali peluang karir.

Itu tadi adalah hal-hal yang perlu diketahui tentang jurusan data science, termasuk materi kuliah data science.

Leave a Reply