You are currently viewing Tips Mudah Memilih Drone Khusus Lidar Survey

Tips Mudah Memilih Drone Khusus Lidar Survey

Lidar survey dapat berjalan jika dibantu oleh peralatan pendukung seperti drone. Meski banyak drone yang bisa dipilih dan dibeli. Namun apakah drone tersebut memang memberikan kualitas terbaik untuk pemetaan lidar. Nah tentunya kalian membutuhkan beberapa tips yang bisa digunakan ketika akan membeli drone untuk pemetaan lidar survey.

Daya jelajah

Hal pertama yang bisa dilakukan sebelum membeli sebuah drone adalah daya jelajah. Apalagi untuk keperluan tentunya juga membutuhkan daya jelajah yang cukup lama. Meski saat ini sudah banyak drone yang dijual bebas.

Namun tak semua bisa memberikan daya jelajah yang cukup lama. Ada yang hanya bisa bertahan dalam hitungan menit. Ada juga yang bisa bertahan dalam hitungan jam. Tentunya semakin lama drone bisa bekerja.

Maka semakin besar pula peluang untuk survey ke area yang lebih luas. Perbedaan dari daya jelajah ini juga berhubungan dengan harga. Tentunya semakin kuat daya jelajah, maka semakin tinggi pula harga yang diberikan.

Akaurasi dan sistem navigasi

Berikutnya adalah terletak pada sistem akurasi dan navigasi dari drone itu sendiri. Sebab akurasi dan sistem navigasi ini juga akan berpengaruh terhadap hasil yang akan didapatkan. Hingga saat ini sudah ada banyak sekali sistem navigasi yang bisa digunakan.

Namun kebanyakan drone menggunakan sistem navigasi seperti GPS, GLONASS dan Galileo.

Mudah dibawah

Salah satu tantangan terbesar dari pekerja pemetaan adalah medan. Dimana medan ini memang terkadang diluar rasa ekspektasi. Artinya bisa saja seorang pekerja pemetaan mendapatkan proyek di area extreme.

Nah tentunya diperlukan juga sebuah drone yang memiliki kondisi fleksibel dan mudah dibawa. Semakin mudah dibawa  drone tersebut, tentunya lidar survey yang dilakukan juga semakin mudah.

Kekuatan sinyal yang diberikan

Salah satu syarat penting ketika menggunakan drone adalah sinyal. Dimana sinyal dari drone dan sistem navigasi setidaknya harus selalu ada. Sebab jika sinyal hilang, kondisi drone akan lebih susah untuk ditemukan dan dikendalikan.

Sensor dan kamera

Saat ini sudah banyak dorne yang memang lebih mudah membawa kamera dan juga sensor  yang cukup beragam. Kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Mudah dioperasikan

Terakhir drone memang harus mudah dioperasikan oleh pengguna.

Dengan beberapa tips pemilihan drone khusus lidar survey. Tentu Nya kebutuhan akan pemetaan juga akan semakin mudah dilakukan.

Leave a Reply