You are currently viewing Ketahuilah 5 Kelebihan Cetak Buku Dengan Metode Self Publishing Ini

Ketahuilah 5 Kelebihan Cetak Buku Dengan Metode Self Publishing Ini

Kalau kamu merupakan penulis pemula dan ingin sekali untuk cetak buku tahunan murah di penerbit besar, ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan. Pasalnya, tim manajemen akan menilai tulisan kamu, apakah sesuai dengan etika penulisan, hingga dengan minat masyarakat. Sehingga, besar kemungkinan jika tulisan kamu akan ditolak.

Meskipun demikian, kamu tidak boleh menyerah. Dengan perkembangan zaman yang pesat seperti sekarang ini, kamu bisa cetak buku tahunan murah dengan metode self publishing.

Self publishing adalah salah satu metode cetak buku di mana seluruh proses dari awal hingga akhir kamu kerjakan sendiri. Mulai dari menulis, editing layout, mencetak buku, menjilidnya, hingga memasarkannya.

Memang terdengar cukup melelahkan, terlebih jika tidak ada yang membantumu sama sekali. Namun, dengan cetak buku metode self publishing, kamu akan mendapatkan beberapa kelebihan yang dapat kamu rasakan. Antara lain:

  1. Menambah Penghasilan

Tentu saja, buku yang kamu cetak tersebut akan kamu jual, bukan? Dengan menjual buku-buku tersebut, kamu akan mendapatkan penghasilan dari situ. Bahkan, penghasilan tersebut juga bisa berupa passive income, jika menulis menjadi pekerjaan sampingan kamu.

Bahkan, kamu bisa memasarkan sendiri buku yang telah kamu cetak tersebut. Bisa melalui media sosial, bahkan laman e-commerce sekalipun.

  1. Memangkas Birokrasi

Ketika kamu menerbitkan buku melalui penerbit, pastinya akan ada beragam birokrasi yang harus dilewati, seperti pembuatan cover, editing, pencetakan, hingga pemasaran. Namun ketika kamu memilih cetak buku sendiri, maka kamu dapat membuat buku dengan lebih cepat dibandingkan membuat buku lewat penerbit. 

  1. Biaya Lebih Murah

Percaya atau tidak, buku cetakan sendiri jauh lebih murah ketimbang buku yang dicetak oleh penerbit. Pasalnya, kamu bisa menentukan sendiri kualitas buku yang kamu cetak tersebut. Bila kamu merasa kurang yakin, kamu juga bisa mencetak buku sesuai dengan pesanan atau saat kamu membuka pre-order. Bahkan, kamu juga bisa mencetak buku melalui percetakan kecil. Selain sama-sama murah, kamu juga bisa mencetak satu eksemplar buku saja.

  1. Tidak Ada Return Buku

Umumnya, buku-buku yang tidak laris di toko buku akan ditarik kembali oleh pihak penerbit. Namun, jika kamu menerbitkan buku secara self publishing, hal seperti itu tidak akan terjadi. Pasalnya, kamu hanya mencetak buku ketika ada pesanan saja, atau ketika kamu memilih untuk membuka pre-order.

  1. Penjualan Lebih Luas

Berbeda dengan percetakan besar yang mungkin hanya menjual buku hasil cetakannya di toko-toko buku di dalam negeri saja, kamu bahkan bisa juga menjual buku hasil cetakan kamu sendiri ke luar negeri. Pastinya, ini menambah nilai lebih dari tulisan yang telah kamu buat.

Demikian 5 kelebihan cetak buku tahunan murah dengan metode self publishing. Perlu diingat, jika tulisan kamu ditolak penerbit, bukan berarti karya kamu tidak bagus. Mungkin karena penerbit mempertimbangkan beragam hal, sehingga tulisan kamu dirasa kurang baik jika dijual. Meski demikian, jangan patah semangat untuk menulis. Kembangkan tulisan kamu agar menjadi karya yang sangat bagus dan dibaca banyak orang.

Leave a Reply