You are currently viewing Strategi Agar Diterima di Sekolah Unggul Balikpapan

Strategi Agar Diterima di Sekolah Unggul Balikpapan

Setiap orangtua, tentu memiliki keinginan supaya anaknya mendapatkan yang terbaik. Salah satunya di bidang akademik yang bisa di dapatkan di kehidupan bersekolah. Itulah sebabnya banyak orangtua terutama yang ada di daerah Balikpapan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu anaknya supaya bisa menempuh pendidikan di SMA unggul Balikpapan

Ciri-Ciri Sekolah Unggul

Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih jauh terkait strategi supaya diterima di sekolah-sekolah unggul termasuk yang ada di Balikpapan, yuk simak terlebih dahulu pembahasan berikut tentang ciri-ciri sekolah unggul.

  1. Fasilitas Memadai

Ciri-ciri sekolah unggul yang pertama adalah memiliki fasilitas memadai. Fasilitas sendiri menjadi momok utama kenapa sekolah bisa dikatakan sebagai sekolah yang unggul. Lengkap dengan laboratorium, beragam ruangan untuk kepentingan ekstrakurikuler maupun intrakurikulernya, hingga ruang kelas yang cukup menjadi salah satu kriteria bahwa sekolah bisa dikatakan memiliki fasilitas memadai.

  1. Kualitas Siswa yang Baik

Selanjutnya, bisa Anda lihat dari segi kualitas siswanya. Sebab, dengan kualitas siswa yang baik dalam artian banyak prestasi akademik maupun non akademik, bisanya bisa mendongkrak nama baik sekolah itu sendiri sehingga membuat sekolah tertentu bisa dikatakan sebagai sekolah yang unggulan.

Bagaimana Supaya Anak Bisa Diterima di Sekolah Unggul Balikpapan?

Manajemen sekolah unggul yang dikenal cukup teratur sendiri terkadang juga menjadi daya tarik kenapa banyak orangtua memiliki keinginan kuat menyekolahkan anaknya di sekolah-sekolah unggul termasuk di sekolah unggul Balikpapan. Lantas bagaimana dengan caranya? Simak pembahasan berikut.

  1. Simak Persyaratan dari Sekolah Tujuan

Jika Anda memiliki keinginan untuk menyekolahkan putra putri Anda di salah satu sekolah unggul yang ada di Balikpapan, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari sedetail mungkin informasi terkait sekolah tersebut. Yakni tentang persyaratan dan ketentuan masuk di sekolah yang dituju. Untuk mendapatkan informasinya, Anda bisa datang langsung ke sekolahnya atau mencari tahu terkait brosur pendaftaran yang biasanya disebarkan oleh pihak sekolah.

  1. Siapkan Syarat Pendaftaran

Jika Anda sudah mengetahui apa saja persyaratannya, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan persyaratan tersebut. Perhatikan setiap detail persyaratan yang diminta supaya tidak ada yang terlewatkan. Sebab, itu menjadi salah satu faktor diterima atau tidaknya anak Anda di sekolah tujuan. 

  1. Perhatikan Jalur Masuknya

Seperti yang kita ketahui bahwa sekarang beberapa sekolah menerapkan sistem zonasi dan prestasi untuk jalur masuknya. Supaya bisa masuk di jalur prestasi, maka siapkan jauh-jauh hari di jenjang sekolah sebelumnya, supaya anak Anda memiliki target prestasi yang bagus sehingga bisa masuk ke sekolah impian jalur prestasi. Sedangkan jika hendak masuk melalui jalur zonasi, maka pastikan persyaratan akademik dan persyaratan lain yang dibutuhkan sudah lengkap dan sesuai dengan yang diminta oleh sekolahan tujuan.

Dengan demikian, anak Anda akan memiliki peluang besar supaya bisa diterima di sekolah unggulan termasuk sekolah unggul Balikpapan. Jangan lupa untuk selalu mendukung atusupport putra putrinya supaya terus semangat dalam belajar.

Leave a Reply