You are currently viewing Pengertian ADCP Survey Untuk Analisa Gelombang Dan Arus Laut

Pengertian ADCP Survey Untuk Analisa Gelombang Dan Arus Laut

Gelombang dan arus laut sendiri merupakan sebuah pergerakan perpindahan air laut yang kemudian menyebabkan air laut mengalami naik dan turun bergelombang. Untuk mengukur gelombang dan arus laut ini bisa menggunakan alat yang bernama ADCP survey untuk melakukan pengukuran agar mendapatkan data yang akurat diperlukan minimal waktu 15 hari menggunakan alat ADCP.

Apa Itu Alat ADCP?

ADCP sendiri merupakan singkatan dari Acoustic Doppler Current Profiler yaitu survei yang digunakan untuk mengukur kecepatan arus air dan profil gelombang. Pada prinsip kerjanya dengan memanfaatkan doppler untuk mentransmisikan suara dan mendengarkan gema dari pantulan yang dihamburkan di dalam air.

Ringkasnya alat ADCP dinilai sangat efisien dan bisa memberikan hasil data akurat untuk mengukur profil kecepatan di dalam air dalam bentuk ruang tiga dimensi air dilautan. ADCP juga bisa mengukur kecepatan partikel yang terdapat di lautan karena biasanya sifat gerak karakter di dalam air akan mengikuti gerakan dari gelombang.

Namun ADCP tidak bisa digunakan untuk mengukur gelombang pada air yang jernih karena biasanya air jernih tidak memantulkan gelombang suara. Alat ADCP survei ini hanya bisa digunakan pada jenis air laut, danau, sungai atau berbagai jenis air lain yang mengandung partikel sedimen dan organisme yang dapat memantulkan gelombang suara kemudian dipancarkan melalui alat ADCP.

Cara Menggunakan Alat ADCP Survey

Untuk menggunakan alat ADCP juga tidak bisa sembarangan, harus dilakukan oleh orang-orang atau perusahaan penyedia jasa ADCP yang memang sudah berpengalaman dan profesional di bidangnya. Dalam melakukan pengukuran juga perlu pelatihan khusus agar dalam melaksanakan pengukuran nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan akurat.

Sebaiknya disarankan juga agar bisa mendapatkan hasil akurat dalam pengukuran gelombang atau arus laut ini selalu menggunakan jasa survey yang sudah berpengalaman dan profesional agar menjamin hasil pengukuran secara maksimal. Selain itu alat ADCP survey juga tidak bisa sembarangan dipakai dan didapatkan kecuali melalui tenaga ahli seperti penyedia jasa pengukuran menggunakan alat ADCP yang sudah mendapatkan sertifikat keahlian.

Leave a Reply