You are currently viewing Memilih Supplier HORECA dengan Baik dan Benar

Memilih Supplier HORECA dengan Baik dan Benar

Bagi anda yang mempunyai bisnis kuliner seperti hotel, restoran dan cafe maka diperlukan suplai bahan baku produk makanan dan minuman. Sebagai pelaku bisnis harus pandai dalam memilih supplier HORECA yang terpercaya serta mumpuni. 

Dalam memilih supplier bahan baku dibutuhkan ketelitian serta tidak boleh asal pilih, disaat memilih penyedia bahan baku secara asal maka akan mendatangkan kerugian. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih supplier HORECA.

Berpikir Strategis

Dalam hal ini membutuhkan pemikiran matang dalam memilih supplier barang, karena kesuksesan suatu produk dagang tergantung dengan barang yang dijual oleh para supplier. Memilih supplier HORECA yang memiliki kredibilitas bagus agar tidak terjadi kecurangan atau hal buruk lainnya. 

Jangan lupa untuk selalu melakukan verifikasi melalui website atau media sosial lainnya yang menjelaskan personal supplier serta produk bahan baku yang ditawarkan. Selain menghindari supplier bodong, dalam sebuah website biasanya tertera nomor kontak penyedia barang sehingga mudah untuk menghubungi.  

Pelajari semua alur pemesanan, pembayaran serta mekanisme kerja sama lainnya agar menguntungkan satu sama lain. Jangan lupa untuk melihat testimoni dari orang-orang yang sudah menggunakan supplier barang tersebut. 

Memilih Supplier yang Berkompeten

Untuk mendapatkan seorang supplier yang baik dan sesuai dengan visi misi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan saat mencari partner bisnis, seperti rekomendasi dari teman-teman atau bahkan rekan bisnis. Hal ini memudahkan anda, karena jika sudah direkomendasikan berarti kualitas kerja sangat terjamin. 

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan pergi ke sebuah pameran UMKM. Biasanya pameran sering dilakukan oleh lembaga pemerintah untuk mensupport usaha UMKM, anda bisa memilih secara langsung .

Supplier juga harus memiliki kualitas produk yang mumpuni dan konsisten. Tidak semua supplier bisa konsisten dalam memproduksi barang-barang berkualitas, pilihlah supplier yang memberikan pelayanan kuat serta bisa diajak komunikasi.

Hal ini untuk mengantisipasi jika suatu saat nanti barang yang dikirim tidak sesuai dengan standar kualitas bisnis anda. komunikasi juga sangat penting, jika supplier memiliki beberapa kendala dalam produksi atau pengiriman, mereka harus disiplin dalam mengirimkan barang secara tepat waktu.

Hubungan Kerjasama Bisnis

Dalam sebuah hubungan kerja sama, semuanya harus terbuka dan transparan. Bisnis masing-masing sama pentingnya, sehingga harus ditekankan hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan. Apabila diperlukan, harus ada perjanjian hitam di atas putih.

Nilai untuk bahan baku yang diajukan juga harus memenuhi kesepakatan bersama. pilihlah harga yang sesuai budget namun menarik dan tidak mengurangi kualitas pelayanan, kualitas bahan pangan, serta kecekatan supplier HORECA. 

Ada hal penting lainnya saat memilih supplier bahan baku yaitu jaminan pengembalian barang jika bahan baku yang dikirimkan tidak sesuai dengan produk sebelumnya. Begitupun dengan garansi, anda harus cermat dalam memilih supplier yang memberikan garansi produk.

Leave a Reply