You are currently viewing 5 Hal Simple yang Bisa Rusak Genset Yanmar Anda!

5 Hal Simple yang Bisa Rusak Genset Yanmar Anda!

Tahukah Anda bahwa genset bisa tiba – tiba rusak hanya karena kelalaian simple? Banyak orang menganggap genset adalah alat yang kokoh, padahal jika tidak dirawat baik, Anda bisa rugi harus bayar perbaikannya. Hal ini sama saja dengan produk Genset Yanmar yang terkenal awet. Jika tidak mau genset dari Yanmar milik Anda rusak, pastikan hindari 5 hal berikut ini!

Genset yang Jarang Digunakan

Genset Yanmar rusak bisa saja terjadi jika Anda tidak pernah menggunakan alanya. Genset yang non aktif terlalu lama bisa bermasalah bagian internalnya. Karena itu, disarankan memanaskan mesin genset minimal 3 bulan sekali jika tidak pernah menyala.

Sama seperti mobil atau alat elektronik yang tidak pernah dipakai, bagian internalnya bisa kotor dan rusak secara natural. Karena itu, pastikan lakukan check up rutin pada genset milik Anda agar selalu awet dan siap digunakan.

Aki Jarang Diperiksa Kekuatannya

Aki adalah bagian dari genset yang sering diremehkan. Bagian ini bertugas memberi tenaga pada komponen starter dari genset. Tanpa kekuatan dari aki, bagian elektronik genset tidak akan bekerja baik. Untuk starter otomatis contohnya, aki harus memiliki full power.

Untuk pastikan daya kekuatan aki tetap bagus, pastikan periksa parts ini. Minimal ganti air aki dan cek elektroda-nya. Selama ada listrik kuat di dalamnya, genset Anda masih tergolong fungsional. Jangan sampai genset rusak hanya karena aki yang tidak terlalu bagus kondisinya.

Genset Menyala Terlalu Lama

Genset Yanmar memiliki daya tahan yang baik. Dari banyak stress test, produk dari Yanmar sudah terbukti baik. Walaupun begitu, mereka tetap punya batasan. Penggunaan genset yang terlalu lama tetap bisa merusak bagian internalnya.

Genset adalah alat cadangan yang dibutuhkan untuk supply listrik sementara. Jadi kapasitas mesin dan tenaga yang dikeluarkan tidak bisa terus menerus dalam jangka waktu panjang. Umumnya, penggunaan 48 jam terus menerus adalah standar keamanan yang tidak boleh dilewati. Jika mesin genset hidup di atas jam tersebut, pasti ada komponen yang rusak lama kelamaan.

Lupa Isi Bahan Bakar

Pastikan selalu cek kondisi bahan bakar secara rutin. Genset yang menyala dengan bahan bakar kosong akan merusak bagian mesinnya. Jika mesin rusak, otomatis kemampuan elektronik di dalamnya bisa terkena imbas.

Memperbaiki genset Yanmar bisa mahal. Jika rusak hanya karena lengah lupa isi bahan bakar, tentu saja sangat memalukan. Jadi, buatlah jadwal rutin kapan mesin perlu diisi ulang setiap bulannya. Walaupun tidak banyak menyala, tidak ada salahnya di cek kondisi isi bahan bakar secara rutin.

Sekian bahasan tentang beberapa hal yang bisa rusak Genset Yanmar Anda. Pastikan hindari semua hal itu dan selalu perhatian dengan gensetnya. Jangan sampai hanya karena lengah sekejap, Anda harus bayar reparasi mahal untuk genset Semoga bahasan diatas membuka wawasan Anda seputar genset. Terima kasih sudah baca artikel ini!

Leave a Reply