You are currently viewing 3 Unsur Utama Dalam Persebaran POI Sebuah Daerah

3 Unsur Utama Dalam Persebaran POI Sebuah Daerah

Buat Anda yang masih baru dalam dunia fotografi tentu akan sedikit asing dengan beberapa istilah. Salah satu istilah fotografi yang begitu lekat dan tajam yakni POI atau Point of interest. POI adalah sebuah komponen penting dan utama dalam pengambilan objek lewat metode fotografi yang mampu mewakili sebuah cerita. Anda juga perlu mengetahui bahwa terdapat jasa analisa persebaran poi point of interest di suatu daerah

Untuk jelasnya, sedikit disinggung tentang definisi POI dan unsur utama POI.

Definisi POI

POI merupakan sebuah titik fokus atau titik penting dalam gambar atau foto yang diambil dengan bantuan kamera berkualitas tinggi untuk mendapatkan cerita. Jadi, sebuah foto yang dijepretkan tidak semata-mata hanya asal saja tetapi juga butuh tujuan. Tujuan inilah yang membuat seseorang harus tahu tekniknya agar orang yang melihat bisa menganalisa apa yang ada di foto tersebut. 

POI yang diambil lebih ditekankan dengan kadar terkuatnya, sebagai contoh Anda mengambil foto ayam menetas dalam hal ini objek foto yang ditekankan adalah adanya momen dimana telur ayam ada yang telah menetas dan sebagian ada yang retak. Dengan demikian, orang lain yang melihat foto ayam menetas akan langsung tahu ceritanya. 

Unsur-unsur POI

  1. Diafragma

Adalah sebuah unsur jasa analisa persebaran POI mendasarkan banyak sedikitnya jumlah cahaya atau intensitas cahaya yang masuk ke objek foto. Sehingga, gambar yang dihasilkan cukup cahayanya dan tidak membuat kualitas gambar menjadi turun. 

  1. Speed 

Adalah unsur yang mendasarkan kecepatan pengambilan gambar sebuah objek agar POI-nya dapat. Kecepatan jepretan ini tergantung dari keahlian Anda menghitung perkiraan objek. Sebagai contoh, analisa persebaran POI daerah miring atau terasering tidak butuh kecepatan tinggi, hanya fokus satu titik sedangkan kecepatan objek bergerak tentu berbeda.

  1. Focus

Adalah unsur vital dalam memilih ketajaman objek yang akan diambil, biasanya satu objek ini hanya cukup 1 saja. Gambaran objek yang diambil angel-nya pas dan cahayanya paling terang. Untuk mendapatkan titik fokusnya, Anda wajib menguasai teknik pengambilan gambar dengan komposisi centre, rule of third, golden shape, Repetition dan Pattern, perspektif, frame in frame, leading lines, motion blur, noise, negative space, isolasi objek dan seimbang elemen objek

Jadi, dalam jasa analisa persebaran POI tidak hanya 1 arah saja dan kamera jepret dengan 1 titik saja tetapi bisa diambil objek dengan berbagai teknik di atas untuk mendapatkan hasil cerita menyeluruh. Jasa analisa POI untuk sebuah daerah tentunya tidak mudah, ada salah satu titik tujuan yang harus Anda tentukan dahulu. Sebagai contoh, Anda ingin mengambil foto hutan dan padang rumput dengan tujuan kekeringan, maka POI-nya adalah mencari tanah yang retak dengan sedikit tanaman atau pohon gugur, daun menguning agar cerita kekeringan bisa dipahami. 

Jelas ya gambaran tentang jasa analisa persebaran POI!

Leave a Reply