You are currently viewing Berbagai Cara Jasa Pemetaan Utilitas Bawah Tanah

Berbagai Cara Jasa Pemetaan Utilitas Bawah Tanah

Guna mengetahui kondisi bawah tanah sebelum digali maka perlu dilakukan terlebih dahulu suatu upaya pemetaan utilitas tanah, dan saat ini tersedia banyak jasa pemetaan utilitas bawah tanah. Jika tidak maka akan terjadi risiko kerugian dan kecelakaan hingga bencana yang bisa timbul yang akan menimbulkan kerugian baik secara materiil hingga immateriil, karena dampak kerusakannya bisa merembet hingga tak terkirakan luasnya. 

Dampak dan Risiko penggalian Tanah

Bayangkan, bisa saja ada pipa saluran gas di bawah tanah yang bisa menimbulkan kebakaran, atau saluran air, kabel telepon, kabel listrik tanam bawah tanah, atau pipa aliran minyak dan lain sebagainya. Belum lagi tak ada yang tahu pasti juga dengan tingkat kekerasan dan komposisi struktur tanahnya. Perlu alat gali yang berbeda untuk jenis tanah yang berbeda, perlu juga cara penangan yang berbeda, estimasi waktu dan biayanya juga akan bisa berbeda. Dengan begitu maka akan lebih aman dan murah serta hemat biayanya jika sebelum melakukan penggalian maka dilakukan upaya pemetaan utilitas bawah tanah terlebih dahulu.

Cara Melakukan Pemetaan Utilitas Bawah Tanah

Terdapat banyak cara dan metode serta alat untuk melakukan pemetaan utilitas bawah tanah. Salah satunya yang sering dipakai ialah Pengukuran Georadar atau GPR (Ground Penetrating Radar) yang berguna untuk pencarian objek ataupun target dalam tanah. Survey Georadar ialah salah satu metode non destruktif yang bekerja dengan memanfaatkan penjalaran gelombang elektromagnetik pada bawah tanah. Metode ini bisa memberi hasil pemetaan utilitas bawah tanah dengan akurasi yang tinggi. Seringnya penggunaan metode ini juga membuat pengalaman para ahlinya menjadi makin panjang. Survey georadar atau ground penetrating radar mampu untuk mengenali utilitas yang berada di bawah tanah. Gelombang radio yang digunakan dengan frekuensi antara 1 MHz hingga 1000 MHz. Aplikasi GPR bisa digunakan untuk memetakan benda yang terpendam

di tempat yang dangkal seperti mengenali keberadaan pipa, dan kabel, septic tank, beton dan lain sebagainya di bawah tanah, dengan mudah dan cepat serta tanpa merusak. Bahkan antena nya pun tak harus secara langsung bersentuhan dengan permukaan tanah. Mampu juga membedakan benda logam dan non logam.

Itulah antara lain perlunya dan cara pemetaan utilitas bawah tanah. Untuk hasil yang terbaik, dapat memilih Jasa Pemetaan Utilitas Bawah Tanah yang profesional dan ahli di bidang tersebut.

Leave a Reply