You are currently viewing Mesin Espresso Sajian Kecepatan dan Ketepatan Dalam Secangkir Kopi

Mesin Espresso Sajian Kecepatan dan Ketepatan Dalam Secangkir Kopi

Espresso, menjadi salah satu menu yang pasti akan selalu ada di setiap kedai kopi dan pastinya memiliki penggemarnya sendiri. Meski sudah tidak asing di telinga, tapi belum banyak orang yang tahu, bahkan pecinta minuman berkafein ini pun belum tentu tahu, apa sebenarnya Espresso itu. Berikut adalah pembahasannya.

Kenapa Espresso??

Kopi espresso merupakan kopi yang diseduh dengan air yang bertemperatur panas yang tinggi. Espresso berasal dari kata express yang artinya cepat. Dengan cara penyeduhan seperti itu, diharapkan minuman yang dibuat dapat segera dinikmati. Teknik ini kini banyak diterapkan pada mesin hingga menghasilkan mesin espresso.

Karena banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk meracik secangkir kopi pada masa itu, mendorong seorang pria bernama Angelo Mariondo membuat sebuah mesin yang dapat mempercepat proses pembuatan kopi. Mesin ciptaannya inilah yang menjadi cikal bakal perkembangan mesin kopi espresso saat ini

Jenis Racikan Kopi Espresso

Ketika datang ke sebuah kedai kopi, pasti anda sering melihat menu “Espresso Based”. Selain menu basic ini, anda juga akan menemukan banyak menu lain yang disuguhkan dengan bahan dasar espresso. Berikut ini adalah pembahasannya.

  1. Americano

Salah satu kopi dengan rasa pahit yang cukup pekat ini adalah perpaduan dari espresso dengan campuran air hangat. Setelah meracik kopi pada mesin espresso, dalam meracik Americano, barista akan mengisi 1/3 gelas dengan espresso dan sisanya diisi dengan air hangat.

  1. Latte

Memiliki arti susu dalam bahasa Italia. Sesuai namanya, minuman ini campuran dari Kopi Espresso olahan mesin kopi espresso dengan susu panas dan tambahan busa mikro. Memiliki rasa yang lebih manis, campuran yang digunakan biasanya satu shot espresso ditambah dengan susu dan satu senti susu pada bagian atas.

  1. Flat White

Jenis minuman racikan mesin espresso yang merupakan kebalikan dari Latte. Jika dalam meracik Latte, barista akan memasukan susu panas pada satu shot espresso, maka dalam meracik Flat White, barista akan memasukkan satu shot ke ke dalam segelas susu panas.

Itulah beberapa jenis minuman yang dapat dibuat dari olahan kopi dari mesin espresso. Meski berasal dari bahan dasar yang sama, namun dengan teknik peracikan yang berbeda, rasa yang dihasilkan juga berbeda.

Leave a Reply