You are currently viewing Mau Operasional Bisnis Online Lebih Mudah? Aplikasi Integrasi Marketplace Solusinya

Mau Operasional Bisnis Online Lebih Mudah? Aplikasi Integrasi Marketplace Solusinya

Apa itu aplikasi integrasi marketplace? Sebelumnya, beberapa tahun terakhir banyak pelaku usaha merambah sistem jual beli online lewat ecommerce atau marketplace. Adanya pandemi mempercepat proses ini. Namun, ternyata sistem online tidak terlepas dari masalah begitu saja terutama dari sisi operasional.  Di sinilah penggunaan aplikasi khusus integrasi marketplace hadir sebagai solusi.

Masalah Operasional Jualan Online

Setiap jenis bisnis memiliki masalah tersendiri, demikian pula dengan bisnis online. Berikut beberapa masalah khususnya di sisi operasional jualan online:

  • Biaya Operasional Membengkak

Untuk melebarkan pangsa pasar, wajar bagi pelaku usaha membuka beberapa marketplace sekaligus. Mengelola satu marketplace bisa dibilang cukup mudah, kira-kira bagaimana jika memiliki 2, 3, atau lebih marketplace? 

Semakin banyak marketplace apakah benar membutuhkan admin lebih banyak pula? Jika demikian tentu akan membuat biaya operasional semakin membengkak karena harus menggaji lebih banyak admin. 

  • Prioritas Calon Pembeli

Pernahkah Anda membayangkan, suatu hari Anda menerima banyak orderan di setiap marketplace yang dimiliki? Di waktu yang sama pula banyak chat masuk dari calon pembeli. Performa kecepatan membalas chat begitu penting, tapi begitu banyak chat yang masuk bisa jadi membuat Anda pusing.

  • Out of Stock

Masalah lainnya yang biasa terjadi yaitu stok barang habis. Karena ada banyak marketplace yang dikelola mungkin Anda lupa update stok barang di satu atau beberapa marketplace yang lain. 

Jika harus mengubah stok satu per satu tentu sangat merepotkan terlebih jika Anda menjual banyak item. Salah-salah calon pembeli harus membatalkan pesanan karena out of stock yang tentunya ini mempengaruhi performa toko Anda.

Tentu masih banyak masalah lain yang bisa dihadapi pelaku usaha online. Tidak perlu khawatir karena setiap masalah ada solusinya.

Tentang Aplikasi Integrasi Marketplace

Integrasi artinya menghubungkan. Sedangkan marketplace berarti toko online tempat para pelaku bisnis memasarkan produk barang atau jasanya secara online. Jadi yang dimaksud dengan integrasi marketplace yaitu sistem yang menghubungkan beberapa marketplace.

Sekarang menggunakan aplikasi semua kegiatan marketplace Anda dapat diatur menggunakan satu dashboard saja. Semua proses operasional bisnis lebih mudah.

Sebagai contoh, Anda memiliki toko online di marketplace A dan marketplace B. Dalam waktu bersamaan Anda mendapat 50 pesanan di marketplace A dan 50 pesanan di marketplace B. Tanpa aplikasi integrasi marketplace Anda harus memproses semua pesanan satu demi satu. Cukup merepotkan bukan?

Apabila Anda menggunakan aplikasi khusus integrasi marketplace, maka semua pesanan yang Anda terima bisa langsung digarap dalam satu dashboard saja. Dijamin lebih simpel, lebih cepat, hemat waktu, dan pastinya hemat tenaga. 

Leave a Reply