You are currently viewing Tips Meningkatkan Kesuburan Rahim pada Wanita

Tips Meningkatkan Kesuburan Rahim pada Wanita

Menjaga kesuburan rahim menjadi hal penting yang wanita lakukan. Organ satu ini memberikan pengaruh besar pada kesuburan wanita. Anda juga perlu melakukan tes kesuburan rahim. Anda bisa simak beberapa tips untuk menjaga kesehatan rahim dan organ reproduksi wanita di bawah ini.

Bagaimana cara menjaga kesuburan rahim?

Jaga kebersihan vagina dengan benar

Vagina bisa anda ibaratkan seperti pintu yang menghubungkan beberapa hal yang berasal dari luar tubuh anda. Nah, menjaga kesehatan vagina adalah salah satu cara yang bisa menjaga kesehatan rahim anda. Melansir dari sumber, vagina sebenarnya tidak butuh produk pembersih, justru produk kimia tersebut dapat meningkatkan risiko infeksi dan iritasi di area vagina. Anda cukup menjaga area vagina supaya tidak terlalu lembab.

Jauhi perilaku seks yang menyebabkan risiko

Cara menjaga kesehatan wanita lainnya adalah dengan cara menjauhi perilaku seks berisiko seperti tidak menggunakan kontrasepsi dan sering berganti pasangan. Sering berganti pasangan dan tanpa menggunakan kondom bisa menyebabkan risiko penyakit menular seperti gonore dan klamidia. Penyakit tersebut sangat berpengaruh pada ketidaksuburan rahim pada wanita.

Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol

Mengkonsumsi minuman beralkohol sangat dekat hubungannya dengan gangguan kesuburan wanita. Meminum minuman tersebut bisa menurunkan peluang kehamilan. Namun saat ini belum ditemukan jumlah pasti terkait alkohol yang aman untuk rahim. Untuk menjaga kesehatan rahim anda, lebih baik jika anda bisa menghindari alkohol terlebih lagi jika anda sedang program hamil.

Stop merokok

Sebuah studi melakukan penelitian pada 350 wanita dan hasilnya merokok bisa menurunkan kesuburan. Orang yang merokok 6 batang rokok atau bahkan lebih setiap harinya dapat meningkatkan risiko kesulitan hamil. Hal ini dikarenakan rokok bisa mempercepat proses penuaan pada rahim dan membuat produksi sel telur habis bahkan sebelum waktunya. Meski demikian, merokok dengan jumlah sedikit lebih baik. Akan lebih baik jika anda bisa berhenti merokok sebagai cara untuk menjaga kesehatan rahim.

Istirahat yang cukup

Kelelahan dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mengganggu kesehatan tubuh termasuk organ reproduksi pada wanita. Nah, untuk menjaga kesehatannya akan lebih baik jika anda mengatur jadwal untuk mendapatkan istirahat yang cukup untuk meningkatkan kesuburan rahim. 

Leave a Reply