You are currently viewing 3 Alasan Mengapa Deteksi Ovulasi Perlu Dilakukan Lewat Alat Tes

3 Alasan Mengapa Deteksi Ovulasi Perlu Dilakukan Lewat Alat Tes

Deteksi ovulasi dapat dilakukan oleh pasangan suami istri melalui berbagai macam cara, mulai dari mengecek kondisi fisik istri, menggunakan alat bantu kalender, hingga menggunakan metode canggih lewat alat tes seperti alat pendeteksi ovulasi pada wanita.

Cara yang terakhir disebut boleh dibilang sebagai metode yang paling populer saat ini. Sebab, alat tes kesuburan dapat memberi hasil akurat dalam waktu singkat. Selain itu, penggunaan alat tersebut juga terbilang mudah.

Berikut beberapa keunggulan mendeteksi kesuburan wanita dengan menggunakan alat tes masa subur. 

  1. Praktis dan mudah digunakan

Alat pendeteksi ovulasi pada wanita ini bekerja dengan mengecek kadar hormon LH (Luteinizing Hormone) pada wanita lewat sampel urine. Karenanya, penggunaan alat ini terbilang mudah. 

Anda cukup mencelupkan alat tes pada air seni dan mendiamkannya selama satu menit, untuk kemudian ditempatkan pada bidang rata dan didiamkan selama tiga sampai lima menit. Hasil tes akan terlihat setelahnya.

Jika hasil tes menunjukkan dua garis jelas, maka ovulasi akan datang dalam kurun waktu satu hari. Hal ini tentu lebih praktis ketimbang melakukan deteksi ovulasi melalui pengukuran suhu basal ataupun menggunakan kalender.

  1. Memberi hasil akurat

Menghitung masa subur setelah haid merupakan metode yang belum tentu akurat dalam mendeteksi kesuburan. Sebab, seringkali siklus haid setiap orang berubah pada setiap periodenya. 

Sama halnya dengan melakukan pengukuran suhu basal. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil pengukuran suhu basal seseorang, seperti kondisi kesehatan yang dialami serta suhu dalam ruangan itu sendiri.

Sebaliknya, mendeteksi kesuburan melalui alat tes dapat memberi hasil yang jauh lebih akurat. Hal ini dapat terjadi karena instrumen tes yang digunakan merupakan hormon tubuh secara langsung. 

  1. Memberi waktu lebih untuk berhubungan

Deteksi ovulasi menggunakan alat pendeteksi ovulasi pada wanita akan memberi pasangan suami istri waktu lebih untuk berhubungan. Sebab, alat pengecek kesuburan akan memberi hasil sesaat sebelum masa subur terjadi, dan bukan ketika masa subur sedang terjadi.

Tentunya hal ini akan sangat membantu pasangan suami istri, terutama mereka yang sedang mendambakan momongan. Pasangan akan memiliki waktu lebih untuk siap berhubungan dengannya.

Selain tiga keunggulan diatas, deteksi ovulasi dengan alat tes juga lebih cepat memberi hasil ketimbang metode lainnya. Semua ini tentunya akan sangat berguna bagi anda yang berencana mempercepat atau menunda kehamilan.

Leave a Reply